GRAPH
A. Graph
adalah sekelompok simpul-simpul (nodes/vertices) V, dan sekelompok
sisi (edges) E yang menghubungkan sepasang simpul. Bayangkan simpul-simpul
tersebut sebagai lokasi-lokasi, maka himpunan dari simpul-simpul tersebut
adalah himpunan lokasi-lokasi yang ada. Dengan analogi ini, maka sisi
merepresentasikan jalan yang menghubungkan pasangan lokasi-lokasi tersebut.
Graf juga didefinisikan sebagai himpunan benda-benda yang disebut verteks (node) yang terhubung oleh sisi (atau edge ata u arc). biasanya graf digambarkan sebagai kumpulan titik-titik (melambangkan verteks) yang dihubungkan oleh garis-garis (melambangkan sisi).
contoh implementasi graf pada struktur data :
Graf juga didefinisikan sebagai himpunan benda-benda yang disebut verteks (node) yang terhubung oleh sisi (atau edge ata u arc). biasanya graf digambarkan sebagai kumpulan titik-titik (melambangkan verteks) yang dihubungkan oleh garis-garis (melambangkan sisi).
contoh implementasi graf pada struktur data :
- Graf tak berarah (undirected graph)
Graf yang sisinya tidak mempunyai orientasi arah disebut graf tak
berarah. Pada graf tak-berarah, urutan pasangan simpul yang
dihubungkan oleh sisi tidak diperhatikan. salah satu contoh graf
tak berarah dimana sisi-sisi yang menghubungkan antar simpul dalam graf
tersebut tidak memiliki orientasi arah.
- Graf Berarah (directed graph)
Graf yang setiap sisinya memiliki orientasi arah disebut sebagai graf
berarah. Sisi berarah dalam graf ini dapat dinamakan sebagai busur (arc). Lain
halnya dengan graf tak-berarah, urutan pasangan simpul disini sangat
diperhatikan karena dapat menyatakan hal yang berbeda. contoh dari
graf berarah yang memiliki sisi-sisi dengan orientasi arah (busur).
B. Graph berbobot (weighted graph)
Apabila sisi-sisi pada graph disertai juga dengan suatu (atau beberapa)
harga yang menyatakan secara unik kondisi keterhubungan tersebut maka graph
tersebut disebut graph berbobot. Biasanya dalam masalah-masalah graph bobot
tersebut merupakan "biaya" dari keterhubungan ybs. Pengertian
"biaya" ini menggeneralisasikan banyak aspek: biaya ekonomis dari
proses/aktifitas, jarak geografis/tempuh, waktu tempuh, tingkat kesulitan, dan
lain sebagainya. Dalam beberapa masalah lain bisa juga bobot tersebut memiliki
pengertian "laba" yang berarti kebalikan dari "biaya" di atas.
Dalam pembahasan algoritma-algoritma graph nanti pengertian bobot akan
menggunakan pengertian biaya sehingga apabila diaplikasikan pada masalah yang
berpengertian laba maka kuantitas-kuantitas terkait adalah kebalikannnya.
Misalnya mencari jarak tempuh minimum digantikan dengan mencari laba maksimum.
Oke langsung saja ke contoh kasusnya yaa^^
Disini terdapat suatu kasus, seperti pada gambar :
Nah, pada kasus di atas, kita di minta untuk menentukan beberapa hal,
seperti :
1. Path
2.Jarak tempuh dari satu kota ke kota lain
3. Jarak terjauh
4 Jarak terpendek
oke, let's answer this amazing taks!!
1. Kita akan mencoba untuk membuat Parth jarak tempuh dari Jakarta -
Blitar.
Perhatian contoh kasus pada gambar di atas tadi, hubungkan Path dari
kota ke kota lainnya Mulai dari Jakarta hingga ke Blitar. Perhatikan jaraknya
juga ya gaes^^
Nah, ini hasil yang aku kerjakan
NB : Bentuk Path dari kota ke kota lainya gak perlu persis letaknya
seperti di peta ya. Ini free aja. Imagine it:D
Oke move ke taks ke 2, yaitu Menghitung Jarak tempuh tiap Path. Karena
jalurnya sudah terbentuk, kita langsung hitung dari Jarak sesuai jalur yaa.
-
Jalur 1
Jakarta – Semarang – Banyuwangi – Blitar = 1650
km
-
Jalur 2
Jakarta – Semarang – Jogja – Malang – Banyuwangi
– Blitar = 1500km
-
Jalur 3
Jakarta – Semarang – Jogja – Malang – Blitar =
870 km
-
Jalur 4
Jakarta – Jogja – Malang – Blitar = 970 km
-
Jalur 5
Jakarta – Jogja – Malang – Banyuwangi – Blitar =
1600 km
-
Jalur 6
Jakarta – Malang – Blitar = 920 km
-
Jalur 7
Jakarta – Malang – Banyuwangi – Blitar = 1550 km
Langsung move ke task 3 dan 4, menentukan jarak
terpanjang dan terpendek. Tinggal pilih aja dari 7 jalur yang sebelumnya sudah
di hitung mana jarak terpanjang dan terpendeknya.
3. Path terpanjang adalah Jalur 1
4. Path terpendek adalah Jalur 3
Yah, kira-kira seperti itulah pembahasan kita
kali ini. Semoga bermanfaat^^
Tidak ada komentar:
Posting Komentar